Prabowo Menggunakan Slogan "Make Indonesia Great Again", Partai Demokrat Menilai Indonesia "Tidak Great" Lagi Sejak Jaman Jokowi, Ini Alasannya!

Slogan 'Make Indonesia Great Again' dalam pidato calon Presiden Prabowo Subianto menuai sorotan. Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengakui, koalisi pendukung Prabowo ingin mengembalikan kejayaan Indonesia kembali.

"Nah, ini yang ingin kami kembalikan bagaimana Indonesia kembali kepada kejayaannya. Kita tahu persis bahwa sekarang ini di pergaulan di dunia internasional Indonesia kan menjadi medioker," kata Ferdinand di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 15 Oktober 2018.

Sponsored Ad

Ferdinand menjelaskan bangsa Indonesia memang pernah 'great' sebelum negara Indonesia sendiri terbentuk. Yakni ketika masih banyak kerajaan-kerajaan di nusantara.

"Bangsa kita ini sudah menjadi bangsa yang kuat. Ketika Majapahit pun bahkan bisa menguasai Asia Tenggara itu adalah sebuah era peristiwa di mana Indonesia, nusantara ini, memang pernah great, pernah besar," ujar Ferdinand.

Sponsored Ad

Dia menduga Indonesia menjadi medioker sejak masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Ferdinand menilai mungkin hal itu karena masalah komunikasi Presiden Jokowi.

"Kita kehilangan peran di pergaulan dunia internasional sejak Pak Jokowi memimpin, mungkin. Kita paham sih keterbatasan komunikatif beliau terhadap pemimpin-pemimpin dunia mengakibatkan itu ya," kata Ferdinand.

Sponsored Ad

Sebelumnya, Prabowo dalam pidatonya sempat menyebut ingin agar kebijakan Indonesia bisa Indonesia first atau mengutamakan kepentingan nasional. Dengan begitu, ia yakin bisa membuat Indonesia semakin hebat atau Make Indonesia Great Again.


Sumber: Viva

Kamu Mungkin Suka